Konsep Pendidikan Anak

Tulisan berikut bukan tulisan saya. cuman pengen mendokumentasikan pemikiran Ayah Edy ( Komunitas Ayah Edy) yang saya ikuti Fans Pagenya di Facebook. Saya suka sekali dengan pemikiran Ayah Edy ini. Jadi kalo saya merasa perlu baca-baca lagi ga susah nyarinya :). Buat teman-teman yang mau baca monggo...


INGIN ANAK SUKSES TAPI TAK BISA MENJANGKAU SEKOLAH YG BAGUS DAN MAHAL

TANYA:

Dear Ayah Edy,
Saya mempunyai anak berusia 1 tahun. Yang ingin saya tanyakan bagaimana orang tua dapat mengoptimalkan kecerdasan anak ditengah sistem pendidikan dan kurikulum di negara ini yang tidak mendukung?

Bagaimana apabila orang tua tidak dapat mengakses lembaga pendidikan yang berbasis multiple inteligence dan holistic learning sehingga anak terpaksa dimasukkan ke sekolah umum yang notabene tidak memfokuskan pada kelebihan anak dan hanya mengandalkan nilai ujian sebagai tolak ukur kecerdasan?

Apa yang bisa orang tua lakukan dirumah sebagai penyeimbang kondisi pengajaran di sekolah?

Terima kasih.
Yunita

JAWAB:

Bu Yunita yang baik,
Dari pertanyaan ibu sepertinya bu Yunita sering mendengarkan talkshow kami di Radio Smart Fm dan sepertinya juga telah menyadari kondisi pendidikan yang ada.

Dalam seminar Merancang Sukses Anak Sejak Usia Dini saya mengajukan konsep nyata pada orang tua bagaimana bisa mensiasati kondisi pendidikan yang ada, yakni dengan mengganti tujuan anak bersekolah yang tadinya hanya mendapatkan Ijazah, menjadi sebuah rencana kerja untuk mencapai Profesi yang cocok bagi anak agar bisa hidup bahagia dan berkecukupan secara financial.

Selain itu juga mengganti tujuan sekolah yang semula hanya untuk mendapatkan nilai yang tinggi di semua bidang mata pelajaran, menjadi berfokus hanya pada bidang-bidang yang menjadi keunggulan unik anak-anak kita. (Mudah-mudahan Mother & Baby suatu ketika akan berkenan menyelenggarakan seminar ini untuk para pembaca setianya)

Namun demikian untuk memenuhi rasa ingin tahu ibu, kami akan meringkas isi seminar itu kedalam bentuk langkah-langkah konkrit yang bisa kita lakukan segera.

Langkah pertama adalah dengan membantu anak untuk mengetahui aktivitas-aktivitas yang paling disukainya, karena menurut rumus orang-orang sukses, mengatakn bahwa sukses dimulai dengan menemukan bidang yang menjadi kecintaannya. (untuk usia anak 1 tahun bisa dilakukan melalui pengamatan prilakunya)

Langkah kedua adalah ajak anak untuk melihat sebanyak-banyaknya profesi/aktivitas yang ada di dunia ini, caranya dengan sering-sering mengajaknya ke berbagai macam pameran, menceritakan melalui buku tentang berbagai profesi dsb. Hal ini perlu terus dilakukan untuk menggali minat anak yang sesungguhnya. (itulah mengapa orang asing sering menggendong balitanya untuk melihat berbagaimacam pameran dan aktivitas)

Langkah ke 3 adalah membuat daftar aktivitas atau bidang yang disukai anak minimal 10 jenis aktivitas. (Dengan cara mengamati mulai usia 1 tahun hingga 12 tahun)

Langkah ke 4 adalah Ekstraksi menjadi dua bidang yang paling disukai, dan menguji kemampuannya pada bidang tersebut apakah juga mendukung. Untuk akhirnya dari dua bidang tersebut dipilih satu yang paling bagus kombinasi antara minat dengan bakatnya.

Langkah ke 5 Menetapkan profesi impian anak, secara detail dan spesifik. berdasarkan figur-figur top yang pernah ada di dunia profesional. (biasanya mulai jelas pada anak usia 12 tahun atau lebih)

Langkah ke 6 Membuat rencana program pencapaian yang didalamnya memuat rencana jenis dan jenjang sekolah yang mendukung juga kursus-kursus tambahan yang diperlukan. (sebagian anak yang kami bimbing berhasil mencari jenis kursus dan sekolahnya sendiri)

Langkah ke 7 Hanya berfokus pada pelajaran yang sesuai dengan tujuan profesi yang telah ditetapkan. Sementara pelajaran lain cukup pada angka rata-rata. (orang sukses selalu berprofesi di bidang keunggulannya dan bukan di sisi lemahnya)

Langkah ke 8 Lakukan sekarang juga !

Apakah ini semua akan berhasil dan berapa lama...? saya sudah membimbing para orang tua yang anaknya berusia SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Sebagian besar mereka telah berhasil menentukan dan membuat rencana pencapaian karirnya sendiri. Dan bahkan mereka telah bisa membuat Action Plan (Rencana Hidup) serta mencari sekolah terbaik bagi pencapaian target suksesnya sendiri (anak yang termuda berusia 14 tahun.)

Yang terpenting bagi anak-anak kita adalah menemukan tujuan akhir profesi sukses hidupnya sejak usia dini. Sedangkan sekolah hanyalah alat bantu atau sarana pendukung untuk bisa mencapai tujuan akhir tsb. Persis seperti seorang yang hendak pergi maka yang utama harus dimiliki adalah alamat yang di tuju, sedangkan kendaraan serta jalan yang akan dilalui akan disesuaikan dengan alamat yang dituju tersebut.

Dalam waktu dekat kami akan menerbitkan buku mengenai merancang sukses anak sejak usia dini dan berencana untuk membuatkan seminarnya bagi para orang tua diseluruh tanah air.

Demikian yang bisa kami jelaskan dalam kesempatan ini, semoga bisa membantu ibu untuk menentukan langkah yang tepat dalam membimbing anak menuju sukses yang sesungguhnya dan bukan hanya sukses untuk mendapatkan Ijazah semata.

0 komentar:

Posting Komentar

Mau Kerja Dari Rumah ?

Labels

Labels

Labels

  © Segalanya yang dilakukan oleh ibu..

Design by Emporium Digital via Blogspot templates